Sunday, March 31, 2013

animasi 3D: Pengertian Tiap Alur Pembuatan Film Animasi

1. Story.Sebuah film yang baik tentunya dimulai dari sebuah cerita yang baik pula. Ide cerita dapat muncul kapan saja, begitu pula dalam cerit, pasti ada beberapa aktor. pada story ini sebuah ide cerita script dikemas dengan baik.

2. Art Departement. Setelah ide cerita sudah disusun dengan baik, seluruh bahan cerita baik sketsa,aktor dan perencanaan background diberikan pada departement ini. Seluruh bahan tadi dicek kembali, jika masih ada kesalahan dikembalikan ke departement story. Jika sudah selesai materi cerita dibagi ke bagian produksi.

3. Layout. Selain diberikan kebagian art, ide cerita juga diberikan kebagian layout. tugas layout adalah membuat pravisualisasi. Disini dibuat gambaran tiap scene termasuk perencanaan situasi atau background.

4. Modelling. Tugas utama modelling adalah membuat model 3 Dimensi. Kemudian ada beberapa bagian lagi di dalamnya yang mengerjakan shading dan texturing.

5.Character Rigging. Setelah model 3D dan dan texture selesai, tahap selanjutnya pembuatan sistem penulangan karakter. Penulangan sesuai disesuaikan dengan model 3 dimensi dan instruksi gerak yang direncanakan.

6. Character Animation. Departemen ini bertugas membuat gerakan pada model karakter yang telah diberikan sestem penulangan. Gerakan di sesuaikan dengan akting pada story board, sekaligus menyesuaikan posisi gerak sesuai layout.

7. Effect. Setelah kesuluruhan scene selesai tahap selanjutnya adalah memberi effek dapat berupa hujan, pecahan batu, ledakan api dan lain sebagainya.

8. Lighting. scane telah selesai animasi sudah di sesuaikan dengan cerita.Tahap selanjutnya scane ini diberikan pencahayaan dan di render secara sequence untuk dibeikan ke bagian komposisi maupun editing video dan tata suara.
mungkin sampai disini penjelasan tentang animasi 3D dan penjelasan cara pembuatan film animasi jika aa yang lebih mengetahui tentang pembuatan fil animasi silakan share melalui kotak komentar……
mohon maaf kalau kekurangan pada atikel daya ini….
kalau ingin mengetahui secara lengkap anda bisa membeli bukunya mas ivan C. Sibero yang berjudul Membuat Film Animasi Sederhana Dengan 3DS Max…

1 comment: